Posted by : Unknown Minggu, 09 Oktober 2016

  • Visual Modeling
  • Cara berfikir terhadap permasalahan dengan menggunakan model-model yang diorganisasikan serupa dengan ide-ide pada dunia nyata (--Terry Quatrani).
    Proses pengambilan informasi dari model dan menampilkannya secara grafis menggunakan sekumpulan elemen grafik standar (-- Wendy and Michael Boggs).
  • Sebuah model adalah suatu penyederhanaan dari yang nyata
  • Model menyediakan cetak biru dari suatu sistem.

    Manfaat Visual Modeling
  • Memudahkan dalam memahami masalah
  • Kita membangun model agar kita dapat memahami sistem yang kita kembangkan secara lebih baik. Kita membangun model dari sistem yang komplek karena kita tidak dapat mengingat suatu sistem secara keseluruhan.
  • Mengkomunikasikan dengan setiap orang yang terlibat dalam proyek
  • Memodelkan perusahaan
  • Mempersiapkan dokumentasi
  • Merancang program dan basis data

  • Prinsip Pemodelan
  • Menurut Grady Booch, James Rumbaugh dan Ivar Jacobson:
  • The choice of what models to create has a profound influence on how a problem is attacked and how a solution is shaped. Every model may be expressed at different levels of precision. The best models are connected to reality. No single model is sufficient. Every nontrivial system is best approached through a small set of nearly independent models. UML (Unified Modeling Language)
  • UML adalah bahasa model standar untuk pengembangan cetak biru perangkat lunak.
  • Bahasa model merupakan bahasa yang memiliki kamus kata dan aturan yang berpusat pada gambaran konseptual dan fisik dari suatu sistem.
  • UML sebagai bahasa model menyatakan bagaimana membuat dan membaca model dengan benar, namun tidak menyatakan model apa yang harus dibuat dan kapan seharusnya dibuat.

BAB II (COMPUTER SYSTEM ENGINEERING)


Merupakan suatu aktifitas pemecahan masalah fungsi sistem yang diinginkan, ditemukan, dianalisis, dan dialokasikan ke elemenelemen sistem individu.
Computer system engineering disebut juga Sistem Analis, terdiri dari 2 bagian, yaitu :
  1. Hardware engineering
  2. Software engineering
  3. Sistem merupakan sekumpulan elemen yang saling berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan, sedangkan Computer Based System diorganisir untuk mendapatkan beberapa metode, prosedur atau pengontrolan dengan cara mengelola informasi.
    Computer System Engineering dimulai dengan :
  4. Penetapan tujuan customer
  5. Hambatan-hambatan dan representasi fungsi performance yang dapat dialokasikan ke masing-masing elemen sistem.
  6. Segera setelah fungsi performance, hambatan dan interface ditetapkan, sistem engineering selanjutnya melakukan pekerjaan alokasi. Selama pengalokasian fungsi diserahkan kepada satu / lebih elemen sistem (misalnya software, hardware, people, dll) seringkali alokasi alternatif diusulkan dan dievaluasi.
Berikut ini adalah kriteria pemilihan konfigurasi sistem berdasarkan alokasi fungsi dan performance ke elemen sistem :
  1. Project Consideration - Pertimbangan Proyek
  2. Dapatkah konfigurasi dihasilkan dengan biaya dan jadwal yang ditetapkan lebih awal?
  3. Business Consideration - Pertimbangan Bisnis
  4. Dapatkah konfigurasi memberikan solusi yang paling menguntungkan? Dapatkah dipasarkan dengan sukses? (Pertimbangan ini yang paling penting).
  5. Technical Consideration - Pertimbangan tehnik
  6. Apakah ada tehnologi untuk mengembangkan semua elemen sistem? Dapatkah fungsi performance dijamin? Dapatkah konfigurasi dipelihara dengan cukup baik?
  7. Manufacturing Evaluation - Evaluasi Pabrikasi
  8. Apakah fasilitas dan peralatan manufaktur tersedia? Apakah ada komponen yang diperlukan dengan segera? Apakah jaminan kualitas dapat dipercaya?
  9. Human Issues - Hal-hal yang berhubungan dengan manusia
  10. Apakah tenaga kerja terlatih untuk pengembangan dan manufaktur tersedia? Apakah customer mengerti dengan apa yang akan dicapai oleh sistem?
  11. Environmental Interface - Berhubungan dengan lingkungan
  12. Apakah konfigurasi yang diusulkan sudah cukup berhubungan dengan lingkungan external dari sistem? Apakah komunikasi mesin ke manusia dan sebaliknya sudah ditangani dengan baik?
  13. Legal Consideration - Pertimbangan hukum
  14. Apakah pertimbangan yang dihasilkan sudah dilindungi oleh hukum?

BAB I Pengertian Perangkat Lunak


      Perangkat lunak atau piranti lunak adalah program komputer yang berfungsi sebagai sarana interaksi antara pengguna dan perangkat keras. Perangkat lunak dapat juga dikatakan sebagai ‘penterjemah’ perintah-perintah yang dijalankan pengguna komputer untuk diteruskan ke atau diproses oleh perangkat keras. Perangkat lunak ini dibagi menjadi 3 tingkatan: tingkatan program aplikasi (application program misalnya Microsoft Office), tingkatan sistem operasi (operating system misalnya Microsoft Windows), dan tingkatan bahasa pemrograman (yang dibagi lagi atas bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti Pascal dan bahasa pemrograman tingkat rendah yaitu bahasa rakitan). Perangkat lunak adalah program komputer yang isi instruksinya dapat diubah dengan mudah. Perangkat lunak umumnya digunakan untuk mengontrol perangkat keras (yang sering disebut sebagai device driver), melakukan proses perhitungan, berinteraksi dengan perangkat lunak yang lebih mendasar lainnya (seperti sistem operasi, dan bahasa pemrograman), dan lain-lain.

Macam-Macam Perangkat Lunak

    Perangkat lunak aplikasi adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. Biasanya dibandingkan dengan perangkat lunak sistem yang mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer, tapi tidak secara langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan pengguna. Contoh utama perangkat lunak aplikasi adalah pengolah kata, lembar kerja, dan pemutar media. Beberapa aplikasi yang digabung bersama menjadi suatu paket kadang disebut sebagai suatu paket atau suite aplikasi (application suite). Contohnya adalah Microsoft Office dan OpenOffice.org, yang menggabungkan suatu aplikasi pengolah kata, lembar kerja, serta beberapa aplikasi lainnya. Aplikasi-aplikasi dalam suatu paket biasanya memiliki antarmuka pengguna yang memiliki kesamaan sehingga memudahkan pengguna untuk mempelajari dan menggunakan tiap aplikasi. Sering kali, mereka memiliki kemampuan untuk saling berinteraksi satu sama lain sehingga menguntungkan pengguna. Contohnya, suatu lembar kerja dapat dibenamkan dalam suatu dokumen pengolah kata walaupun dibuat pada aplikasi lembar kerja yang terpisah.
    Perangkat lunak sistem adalah suatu istilah generik yang merujuk pada jenis perangkat lunak komputer yang mengatur dan mengontrol perangkat keras sehingga perangkat lunak aplikasi dapat melakukan tugasnya. Ia merupakan bagian esensial dari sistem komputer. Sistem operasi adalah suatu contoh yang jelas, sedangkan OpenGL atau pustaka basis data adalah contoh lainnya. Perangkat lunak jenis ini dibedakan dengan perangkat lunak aplikasi, yang merupakan program yang membantu pengguna melakukan tugas spesifik dan produktif, seperti pengolahan kata atau manipulasi gambar.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Software Engineering - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -