- Back to Home »
- Squence Diagram
Posted by : Unknown
Selasa, 28 November 2017
Pengertian Squence Diagram
Digunakan
untuk mendeskripsikan pada komunikasi antar object dan menggambarkan urutan
waktu dari aliran pemanggilan pada suatu method.
No
|
Simbol
|
Keterangan
|
1
|
|
Simbol yang Pertama ini bernama Actor atau dalam bahasa
indonesia nya aktor. Aktor ini mirip
sekali dengan aktor yang ada didalam use case diagram. Fungsinya pun sama
dengan aktor yang ada di use case diagram yakni untuk menandai bahwa ini
adalah orang atau sistem luar yang memiliki hubungan dengan objek yang ada
didalamnya.
Penggunaannya tidak hanya di peruntukan untuk orang saja, namun digunakan pula untuk sistem lain. Intinya simbol ini digunakan untuk suatu object yang terhubung dengan sistem yang akan kita buat nanti. Dalam praktiknya, tanda ini diletakan di bagian paling atas dalam sequence diagram, berbentuk seperti orang dengan nama dibawahnya. |
2
|
|
Simbol ini sama saja dengan nomor satu diatas. Dalam penggunaan nama dll
tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Hanya saja penggambaranya yang
berbeda. Berbentuk kotak dengan inisial berupa nama aktor didalam
kotaknya.
Dari beberapa buku yang saya baca, dalam penggambarannya ada yang menggunakan garis bawah, ada pula yang tanpa garis bawah. Dalam pemberian nama untuk poin nomor satu dan dua ini harus mengandung kata benda suatu objek. |
3
|
|
Gambar disamping di gunakan untuk menandakan garis
hidup yang terdapat dalam sistem. Nama dari simbol ini adalah lifeline atau dalam bahasa
indonesianya sering disebut garis hidup. Simbol digunakan
untuk menandakan bahwa adanya tingkah laku pada aktor atau objek sistem yang
di rujuk.
Penerapannya diletakan dibawah masing-masing actor atau objek dengan bentuk garis putus-putus tanpa di beri nama (hanya garis putus-putus saja). |
4
|
|
Nomor 4 disamping ini bernama Object atau dalam bahasa
indonesia nya sering di sebut objek. Fungsi dari simbol
ini adalah untuk menandakan objek-objek yang ada di dalam diagram.
Simbol ini bentuk kotak dan berisi nama objek dan nama kelas objek dan di pisahkan tanda titik dua (":"), namun dalam beberapa buku juga ada yang hanya menggunakan kelasnya saja. Jadi dalam penggunaan simbol ini tergantung pada patokan buku mana yang ingin anda gunakan. |
5
|
|
Disamping ini bernama Lifetime atau dalam bahasa
indonesia nya sering disebut dengan waktu hidup. Berbentuk kotak persegi
panjang dengan arah ke bawah dan terletak di garis hidup pada suatu objek
atau kelas tanpa menyertakan text (tanpa nama).
Panjang pendek nya tergantung banyaknya aktifitas yang terhubung di waktu hidup (lifetime). Dalam beberapa buku, penggunaan simbol ini tidak memiliki perbedaan. |
6
|
|
Simbol disamping bernama call atau dalam bahasa
indonesia nya sering di sebut pemanggil. Simbol ini di gunakan
untuk memanggil class sesuai dengan type keterangan yang ada pada simbol ini.
Dalam penulisannya memiliki nomor urut sesuai dengan alur kerja suatu
aktivitas dengan tanda pemisah titik dua (":").
Misalnya dalam sequence tombol memiliki perintah untuk membuka data form barang di menu utama. Maka dalam penggambaran kita letakan digaris hidup nya menu utama kemudian diatas simbol call ini kita tambahkan text 1:FormData:Barang. |
7
|
|
Simbol disamping bernama Create yang dalam ucapan
bahasa indonesia sering disebut dengan pembuat/membuat. Fungsi
dari simbol ini adalah untuk membuat suatu objek lain dalam sequence.
Misalnya kita ingin menghubungkan ke data base untuk memanggil data barang. Maka kita membutuhkan tanda ini sebagai pembuat koneksi ke basis data dengan tujuan tabel data barang. Simbol ini mirip dengan call namun terjadi sedikit perbedaan untuk penambahan text yang ada diatasnya. Dalam create ini harus menyertakan tanda "<<"dan ">>" dan menambahkan kata "create"di tengah tanda, contoh"<<create>>". |
8
|
|
Perhatikan dan bedakan disamping ini dengan ke dua simbol panah diatas.
Yang ini memiliki bentuk seperti anak panah namu pada mata panahnya tidak
berisi (hanya garis kosong).
Untuk penerapannya hampir sama dengan kedua simbol panah diatas yang membedakan hanya terletak pada fungsinya saja yaitu untuk menandakan adanya data yang di bawa kearah mata panah. Jadi silahkan bedakan sendiri pada kasus Anda antara panah pemanggil, pembuat dan pembawa data ini. |
9
|
|
Terakhir ini bernama destroy atau dalam bahasa
indonesianya pemutus. Fungsi dari simbol ini adalah untuk memutuskan arus
atau mematikan garis hidup yang ada pada objek atau kelas.
|