Posted by : Unknown Selasa, 28 November 2017

Pengertian Squence Diagram

Digunakan untuk mendeskripsikan pada komunikasi antar object dan menggambarkan urutan waktu dari aliran pemanggilan pada suatu method.



No
Simbol
Keterangan
1

Simbol yang Pertama ini bernama Actor atau dalam bahasa indonesia nya aktor. Aktor ini mirip sekali dengan aktor yang ada didalam use case diagram. Fungsinya pun sama dengan aktor yang ada di use case diagram yakni untuk menandai bahwa ini adalah orang atau sistem luar yang memiliki hubungan dengan objek yang ada didalamnya.

Penggunaannya tidak hanya di peruntukan untuk orang saja, namun digunakan pula untuk sistem lain. Intinya simbol ini digunakan untuk suatu object yang terhubung dengan sistem yang akan kita buat nanti.

Dalam praktiknya, tanda ini diletakan di bagian paling atas dalam sequence diagram, berbentuk seperti orang dengan nama dibawahnya.
2


Simbol ini sama saja dengan nomor satu diatas. Dalam penggunaan nama dll tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Hanya saja penggambaranya yang berbeda. Berbentuk kotak dengan inisial berupa nama aktor didalam kotaknya.

Dari beberapa buku yang saya baca, dalam penggambarannya ada yang menggunakan garis bawah, ada pula yang tanpa garis bawah. Dalam pemberian nama untuk poin nomor satu dan dua ini harus mengandung kata benda suatu objek.
3

Gambar disamping di gunakan untuk menandakan garis hidup yang terdapat dalam sistem. Nama dari simbol ini adalah lifeline atau dalam bahasa indonesianya sering disebut garis hidup. Simbol digunakan untuk menandakan bahwa adanya tingkah laku pada aktor atau objek sistem yang di rujuk.

Penerapannya diletakan dibawah masing-masing actor atau objek dengan bentuk garis putus-putus tanpa di beri nama (hanya garis putus-putus saja).
4


Nomor 4 disamping ini bernama Object atau dalam bahasa indonesia nya sering di sebut objek. Fungsi dari simbol ini adalah untuk menandakan objek-objek yang ada di dalam diagram.

Simbol ini bentuk kotak dan berisi nama objek dan nama kelas objek dan di pisahkan tanda titik dua (":"), namun dalam beberapa buku juga ada yang hanya menggunakan kelasnya saja. Jadi dalam penggunaan simbol ini tergantung pada patokan buku mana yang ingin anda gunakan.
5


Disamping ini bernama Lifetime atau dalam bahasa indonesia nya sering disebut dengan waktu hidup. Berbentuk kotak persegi panjang dengan arah ke bawah dan terletak di garis hidup pada suatu objek atau kelas tanpa menyertakan text (tanpa nama).

Panjang pendek nya tergantung banyaknya aktifitas yang terhubung di waktu hidup (lifetime). Dalam beberapa buku, penggunaan simbol ini tidak memiliki perbedaan.
6

Simbol disamping bernama call atau dalam bahasa indonesia nya sering di sebut pemanggil. Simbol ini di gunakan untuk memanggil class sesuai dengan type keterangan yang ada pada simbol ini. Dalam penulisannya memiliki nomor urut sesuai dengan alur kerja suatu aktivitas dengan tanda pemisah titik dua (":").

Misalnya dalam sequence tombol memiliki perintah untuk membuka data form barang di menu utama.

Maka dalam penggambaran kita letakan digaris hidup nya menu utama kemudian diatas simbol call ini kita tambahkan text 1:FormData:Barang.
7


Simbol disamping bernama Create yang dalam ucapan bahasa indonesia sering disebut dengan pembuat/membuat. Fungsi dari simbol ini adalah untuk membuat suatu objek lain dalam sequence.

Misalnya kita ingin menghubungkan ke data base untuk memanggil data barang. Maka kita membutuhkan tanda ini sebagai pembuat koneksi ke basis data dengan tujuan tabel data barang.

Simbol ini mirip dengan call namun terjadi sedikit perbedaan untuk penambahan text yang ada diatasnya. Dalam create ini harus menyertakan tanda "<<"dan ">>" dan menambahkan kata "
create"di tengah tanda, contoh"<<create>>".
8


Perhatikan dan bedakan disamping ini dengan ke dua simbol panah diatas. Yang ini memiliki bentuk seperti anak panah namu pada mata panahnya tidak berisi (hanya garis kosong).

Untuk penerapannya hampir sama dengan kedua simbol panah diatas yang membedakan hanya terletak pada fungsinya saja yaitu untuk menandakan 
adanya data yang di bawa kearah mata panah. Jadi silahkan bedakan sendiri pada kasus Anda antara panah pemanggil, pembuat dan pembawa data ini.
9

Terakhir ini bernama destroy atau dalam bahasa indonesianya pemutus. Fungsi dari simbol ini adalah untuk memutuskan arus atau mematikan garis hidup yang ada pada objek atau kelas.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Software Engineering - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -